Motivation for healthy living aka diet

            Saat leukemia saya sempat menjalani diet daging merah maupun ayam, kebanyakan makan ikan. Lalu dokter bilang kalau ternyata daging merah dan ayam diperbolehkan dan tidak ada pantangan apapun. Sejak hari itu nafsu makan membeludak dan makan ini itu. Asupan gizi jadi ga terkontrol dan ga seimbang.
Kadang makan daging doang ga ada sayurnya, kadang makan karbohidrat aja ga ada protein dan sayurnya.
Alhasil kiloan naik 18 kg, padahal udah sempet turun 10kg waktu koma karena ga makan selama 2 minggu..

            Baju-baju jadi kesempitan, di foto ga bagus, dan terlebih badan rasanya sesek dan berat. Berbulan-bulan coba diet tetep ga tahan buat makan yang enak-enak dan tinggi karbo serta lemak.
Sampai akhirnya suatu malam senin liat-liat foto waktu SMA kelas 3. Dari sulu saya memang gemuk karna banyak makan, dan waktu kelas 3 saya pengen terlihat bagus memakai kebaya saat wisuda kelulusan.
Jadilah olahraga gym 2 jam + 1 jam cardio (treadmill) dan menghilangkan karbohidrat dari menu sehari-hari.
Ya bolehlah 1-2 slice roti gandung atau oatmeal. Sampai 4 bulan menjalani itu turun 15kg.
Saya merasa jadi lebih percaya diri dan cantik, nyari baju pun ukurannya gampang.


Lihat kan perbedaannya? 
Malam itu saya berfikir lagi, mungkin yang membuat saya belum bertemu jodoh yang tepat sampai saat ini karena saya ga menjaga makan saya. lah?! apa nyambungnya?!
Begini teorinya, ketika kita ga jaga asupan makanan kita dan berlebihan itu ga bagus untuk kesehatan kita.
Berarti tanpa sadar kita lagi ga sayang sama badan kita sendiri. 
Kalau sama diri sendiri aja ga sayang dan ga bisa jaga diri, mana bisa sayang dan jagain orang lain??

        Sejenak saya merenung... 
Betul juga yah... Kalau saya membiarkan diri saya semakin obesitas yang dapat membahayakan kesehatan berarti saya ga rawat tubuh saya dengan baik... 
Sejak malam itu tekat saya bulat untuk kembali menjalani diet karbo. 
Sudah beberapa hari ini menjalani diet karbo, memang bukan suatu hal yang mudah ga makan nasi, tepung, kentang, dan lainnya.
Tapi jika kita punya tekad yang bulat kita pasti bisa!
Saya mengganti karbohidrat dengan makan banyak sayuran seperti brokoli, bayam, caisim, wortel, dll.
Dan minum jus kental supaya kenyang seperti jambu atau mangga, tidak diberi gula.
Sesekali diberi gula sebagai asupan energi. 
Juga tahu atau tempe yang dikukus, semua yang saya makan serba dikukus supaya gizinya tidak hilang banyak.
Menu pagi saya sudah teratur : 1 potong tahu, Sayur hijau kukus, wortel kukus, jus buah.
Ngemil                                  :  Almond milk/ smoothies/ banana juice. (no sugar/ add brown sugar)
Menu makan siang                 : Sup ikan dengan isian wortel dan jamur, pepes tahu atau sayuran hijau.
Ngemil                                  :  Buah/ kacang-kacangan
Makan malem                       :  Jus buah dan sayuran kukus.

Terlihat gila menjalaninya? 
Setiap kali mau menyerah saya mengingat kembali motivasi saya, melihat kembali foto lama saya.
Kalau dulu bisa sekarang pasti bisa!!!

         Mungkin motivasi saya ga sesuai dengan pendapat kalian, tapi intinya carilah motivasimu sendiri yang dapat menguatkan tekad untuk hidup sehat. 
Seringkali, motivasi terkuat bukan hanya datang dari lingkungan sekitarmu tapi dari diri sendiri!
Your future is in your hand!
Selamat mencari motivasimu, hidup sehat, makan bersih, perbaiki mutu hidup!
Jangan lupa exercise, saya exercise 2-4kali seminggu. Senam atau jogging saja, karena baru pulih dari leukemi dan coma.. 
SEMANGAT!

Comments

Popular posts from this blog

4 tahun perjuangan melawan kanker

Waiting for miracle

R I P Acute Lymphobastic Leukemia