Carissa Cancer Diary -----

4 Feb 2016

Hari ini meski saya sudah mendapat kamar yang nyaman, tapi badan saya belum lepas dari efek kemo...
Sedari pagi perut saya sakit sekali, saya hanya bisa meringkuk di ranjang..
Disusul dengan mual-mual hebat dan muntah-muntah..
Bibir saya kering sekali dan mengelupas perih, jika kalian pernah nonton film ‘’My sister keeper’’, kira2 seperti itulah penampilan saya..
Sariawan semulut membuat minum dan makan rasanya ogah..
Disusul dengan diare setiap 15 menit sekali,
Saya yang masih belum bisa berjalan terpaksa BAB di ranjang menggunakan pispot.
Menjijikan? Ia..
Saya sudah tidak dapat berfikir panjang lagi, karna masih belum kuat untuk berdiri menggunakan walker..
Hari ini saya lelah sekali, semua efek seakan bermunculan keluar mencoba mengalahkan saya.
Mungkin karena ini kemo pertama lagi setelah 2 tahun.
Diare masih berlangsung sampai tengah malam, bayangkan jika kalian jadi mama saya yang harus ngurusin saya BAB sepanjang hari sampai tengah malam.

5 Febuari 2016


Hari ini saya pergi ke hopital, tepatnya Chemo day care..
Chemo day care ini untuk check up maupun melakukan treatmen yang tidak perlu menginap.
Terdiri dari ranjang2 yang berjejer, penuh dengan orang-orang dengan berbagai cancer.
Hari ini jadwalnya untuk cek darah, dan dressing (membersihkan line di dada)
Setelah di cek darah ternyata sel darah putih saya terlalu rendah, jadi solusi nya adalah suntik darah putih di perut.
Sementra itu mumpung kami di hospital, koko saya bertugas untuk ke supermarket naik bus.
Untuk membeli kebutuhan kami seperti sayur, buah, telur, dll...
Setelah dia beres dan naik taksi, kami pun dijemput taksi bersama dengan dia..
Saya merasa lebih baik ketika ada di day care, di ruangan yang banyak orang dan sangat dingin cukup menghibur walaupun badan saya masih ga enak..

oya hari ini pas kita di day care, Ps. Nuah nge sms bilang kalau dia bawain sepeda ke kos..
Supaya bisa pergi ke minnimarket terdekat..
Wah we are so blessed!!
Memang jarak dari rumah untuk ke 7eleven itu cukup jauh, kalo jalan kaki sih ga tega ke mami dan koko..
Kemarin koko jalan kaki dari sore buat cari makanan, dan ternyata ada ruko-ruko yang jual makanan, sayuran segar, buah2ah, dan lain2 tapi jaraknya dari rumah kalo jalan sekitar 20 menit..


6 Febuari 2016
Mami dan toto bisa jalan2 naik sepeda deh, praise Lord!
  

Salah satu efek yang tidak sakit namun menyiksa adalah baby blues, hari ini saya nangis hampir sepanjang hari.
Emosi saya sangat tidak stabil, sementara mami saya terus mengatakan kalau hati yang gembira adalah obat..
Namun saya masih tidak bisa, saya sedih se sedihnya...
Saya selalu ingat rumah, saya ingat kehangatan keluarga di Bandung, saya pengen pulang.
Saya ga sanggup berbulan-bulan harus berjuang di malaysia Cuma berdua sama mami.
Saya kangen temen2 kuliah, temen2 di bandung, suasana komplek..
8 Bulan rasanya mustahil buat dijalani.
Kenyataannya saya bukan orang yang terlalu kuat untuk menghadapi semuanya.
Bahkan setiap saya chat dengan cici atau teman saya, saya pasti terus mengeluarkan air mata.
Hari ini saya pun datang bulan, ternyata sakit perut kemarin itu sakit perut haid..

Minggu, 7 Febuari 2016

Pagi ini saya berdoa,
“Tuhan, sebentar lagi koko saya pulang ke bandung. Saya harus bisa jalan pake walker, Tuhan tolong saya supaya saya bisa jalan.. Kasian mami kalau saya harus pake kursi roda, susah ngangkatnya ga ada orang Tuhan..”
Saya denger suara Tuhan, “Hari ini”.
Hari ini? Maksudnya? Bisa jalan hari ini?
So i believe, today is the day!
Waktu koko dan mami lagi masak di dapur, saya berlatih berdiri dengan walker seperti kebiasaan saya setiap pagi.
Lalu saya percaya dalam hati, Tuhan bilang hari ini saya pasti bisa jalan!!!
Saya coba selangkah demi selangkah menggunakan walker keluar kamar menuju dapur..
Ketika mami saya melihat, mami saya terkejut dan menangis..
Pasalnya, sudah 1 bulan saya benar2 lumpuh tidak bisa berdiri..

Ini seperti mujizat, meskipun saya masih merasa mual karena sudah lama tidak berjalan.
Hari perjama berjalan hanya sanggup 15 menit duduk di meja makan, setelah itu badan saya rasanya udah ga enak..
Saya langsung kembali ke kamar untuk tiduran..

Siang ini ada yang berkunjung dari City Harvest Church, namanya ci caroline dan suaminya..
Saya senang sekali  ada yang mengunjungi, ci caroline ini adalah orang indo dan suaminya orang malay..
Kami didoakan dan di support di saat-saat yang sedang berat ini.
Malam hari tidur saya sangat gelisah, entah mengapa...

Senin, 8 Febuari 2016
Hari ini belajar jalan lagi, hanya seputar kamar-ruang makan..
Lidah bengkak, dan sariawan semulut masih menggila..
Tapi hari ini udah bisa bantu mami potong ayam, soalnya mami ga tau cara potong ayam utuh heheh
Seneng banget ada koko di sini bisa bantuin mami, dan bikin ga sepi..
Kalo ga ada koko, ga kebayang deh mami harus bawa2 barang sendirian, gotong2 saya, keliling komplek cari dimana tempat beli sayur dll...
ini koko lagi masak kangkung buat makan siang >-<

Selasa, 9 feb 2016
Tiba-tiba ulu hati sakit luar biasa, seperti adayang menyodok-nyodok di dalem..
Mungkin asem lambung naik karna udah seminggu susah banget makan lidah luka2 dan bengkak.
Seharian di kompres pake aer panas, setiap makanan masuk malah tambah sakit.
Tadi pagi jam 11an mami naik sepeda ke ruko sayur buat beli bahan makanan, dan diperjalanan pulang barang2nya jatuh karna kantong plastiknya robek.
Toto yang lagi tidur karna cape harus dibangunin buat jemput mami yang lagi nunggu kepanasan dengan barang yang amburadul.
Hidup rasanya ada2 aja, penuh perjuangan...


Rabu, 10 feb 2016
Hari ini jadwal ke day care lagi buat tes darah, dan sekarang udah ga pake wheel chair lagi.
Ga nyusahin lagiiii

itu yang di pager supir taxi yang baik, super sabar dan langganan saya waktu awal2 ini..
Namanya pak chet..
Seneng bange udah bisa jalan walaupun dengan kecepatan keong, lama bet jalannya..
Kalo keluar rumah setelannya begini, jaket, celana panjang, kaos kaki, syal, masker, kupluk...
Besok pagi koko pulang ke indo, masih ga pengen ditinggal banget, tapi dia banyak kerjaan di indo yang ga bisa ditinggal.
ini aer mata ga bisa ditahan2, padahal ga mau nangis2 bikin berat dia pulang nanti..
Koko ini orangnya jutek, cuek, berhubung gamers dia punya dunia sendiri, tapi kalo adenya sakit berubah 100%.. Jadi super baik dan manis, walaupun masih suka batu..

jangannnnn pulang plisssss
Malemnya saya ga bisa tidur karna sedih banget koko pulang nanti subuh, yang ada nangiss....


11 Feb 2016

Saatnya koko pulang, ga bisa nahan nangis...
Terima kasih ko udah nemenin ade disini, udah bantuin mami di saat2 paling berat di awal ini...
Makasih udah sabar banget sama cobaaan2 selama disini, diusir lah, pindahan lah, gotong2 ade, kresek belanjaan tumpah...
Till we meet again...
Dan hasilnya saya nangis sesegukan 2 jam setelah dia dijemput taxi jam 5 subuh.


12 Feb 2016
Setelah tinggal berdua sama mami, hari ini jadwalnya ke day care lagi buat kemo terakhir di cycle 1.

13 Feb 2016
Hari ini Ps Nuah dan anak2 CHC berkunjung lagi buat doain saya dan mami
Beruntung banget punya greja ECC yang punya hubungan baik sama CHC
dan ketemu orang2 baik dari CHC ini...


14 Feb 2016
Berhubung rambut udah berguguran kemana-mana dan bikin bala, jadi harus dicukur gundul...
  
Ternyata digundulin sakit juga yaa...
Lengkap sudah penampilan ini, pelontosss

15 feb 2016
Hari ini belajar jalan tanpa walker, for the first timeeee


16 feb 2016
Hari ini jadwalnya cek darah dan suntik IT MTX di tulang belakang
karna ternyata darahnya drop jadi besok harus ke day care lagi buat tambah darah dan trombosit...


Comments

Popular posts from this blog

4 tahun perjuangan melawan kanker

Waiting for miracle

R I P Acute Lymphobastic Leukemia