Behind every failure there is a bless

                Kali ini mau cerita tentang hikmah dari setiap kegagalan atau masalah.. Bicara tentang kegagalan atau masalah saya punya beberapa pengalaman seperti apa yang sudah saya bicarakan di postingan sebelumnya. Saya pernah terkena lupus, penyakit autoimun..
Tapi dari hal itu saya malah bertemu mimpi saya, dan masuk ke sekolah yang membuat saya menjadi orang yang dapat bersosialisasi dengan siapapun. Dari kalangan bawah maupun atas, setiap ras apapun dan agama apapun. Membuat saya menjadi pribadi yang kuat dan profesional dalam bekerja..
             
              Lalu, tidak diterima di universitas ternama membuat saya berteman dengan musuh bebuyutan saya selama SMK. Tiba-tiba saja saya membuka diri untuk punya hati yang lebih luas ketika saya gagal. Saya memberanikan diri menghubungi dia untuk bercerita dan meminta saran, maklum saja dia lulusan terbaik di SMK. Tapi setelah sharing, ternyata dia memutuskan untuk tidak mengambil jurusan pastry di universitas terkenal itu padahal keterima. Malah mengambil beasiswa ekonomi di sebuah universitas yang biasa saja karena suatu masalah. Dia pun ingin masuk ke universitas ternama tapi apa daya mungkin belum berjodoh. Setelah banyak sharing dan beberapa kali ngopi bareng kita malah jadi teman akrab dan saling sharing hal positif. Saling memacu semangat satu sama lain agar terus maju walaupun baru melewati masa sulit. Moto kami, "Banyak jalan menuju Roma!". Ya! Dan saat itu saya mendapatkan kesempatan bekerja di Bali dan dia bekerja di perusahaan kakak saya sembari kuliah dan IPKnya selalu 4.0 loh!

              Setelah saya pulang kami bisa dikatakan sudah mapan keuangan untuk hidup sendiri alias punya uang sendiri yang cukup buat makan sehari 3x dan ngopi-ngopi. Setelah lama ga ketemu kita merencanakan backpackeran bareng ke jogja bersama 2 orang teman kami. Tentunya dengan uang hasil keringat kami sendiri. Saya ingat saat kami ber empat berlarian di pantai parangtritis, menjelajahi pasir putih pantai indrayanti atau bermotor ria dari Malioboro ke Gunung kidul. Kami tersenyum lega, mensyukuri setiap kegagalan yang telah terlewati dan kesempatan yang Tuhan beri untuk bertemu kesempatan yang lebih baik. Rencana Tuhan jauh lebih indah dari apa yang kami rencanakan.
Kami berlarian bebas begitu tenang begitu bahagia walaupun penghasilan kami tidak begitu fantastis, setidaknya depan mandiri dan meringankan beban orang tua.

               Menjadi produktif merupakan hal yang paling membahagiakan. Bisa berkarya, bisa berguna buat orang lain. Saya dan dia merintis produk bersama yang bernama 'Monster Cookies', yaitu kue kering lebaran. Maklum jiwa dagang kami memang sangat ber-api-api hehehe..
Setelah Lebaran saya pun kembali berjuang masuk ke universitas impian saya dan akhirnya masuk. Melewati kegagalan sebelumnya saya bersyukur, saya bisa menjejaki kaki memulai karir saya di bali walaupun hanya menjadi commmis 3. Bisa belajar bersabar, berjuang lebih keras, mandiri, kuat menghadapi kegagalan dan yang paling penting mengubah kegagalan menjadi perjalanan menuju sukses.

             Tidak disangka ternyata baru satu bulan masuk harus bertemu dengan kanker darah, otomatis harus mengambil cuti.. Mungkin kalau tahun pertama saya tidak pernah gagal saya tidak akan sekuat ini menghadapi kanker darah. Saya diuji untuk belajar ikhlas, belajar mengikuti apa maunya Tuhan atas hidup saya. Saya bisa menjalani hari-hari dengan senyuman dan semangat, mengubah hal mengerikan menjadi motivasi bagi orang lain...

            Saat ini saya sudah remisi ke 6 bulan! HOREEE 18 bulan lagi untuk lepas dari obat. Bukan berarti saya akan makan sembarangan dan membabi buta. Hidup sehat sudah menjadi gaya hidup saya saat ini hehe.. Saya sedang merintis Sweet Escape panna cotta atau sejenis puding. Juga menggarap Monster Cookies tahun kedua. Senang bisa kembali berkarya dan produktif!
Untuk saya seorang yang baru sembuh dari kanker saja bisa kembali produktif, pastikan kalian yang sehat harus produktif! Berprestasilah semasa muda, semasa sehat, bahkan keadaan apapun. Buat yang baru saja mengalami kegagalan, BANGKIT! Mungkin banyak orang yang mencibir akan kegagalan kita, tangan kita cuma dua ga bisa menutup mulut mereka semua. Biarin aja mereka berkata apa, buktiin kalau justru dari kegagalan kita bisa lebih sukses!
Hidup itu pasti selalu ada hitam putih tapi jangan lupa masih ada banyak warna dalam pelangi!

Comments

Popular posts from this blog

4 tahun perjuangan melawan kanker

Waiting for miracle

R I P Acute Lymphobastic Leukemia