Transplantasi sum-sum

Setelah 2 minggu rehat dari kemo dan efeknya, akhirnya tiba proses transplant.
Sebelumnya saya harus menandatangani resiko-resiko dari Transplan tersebut, cukup banyak dan mengerikan but in the name of Jesus all of that risks wont be happen.

Tanggal 16 mei saya masuk hospital, hari pertama tidak banyak yang dilakukan.
Selama 3 hari saya akan melakukan Radiasi seluruh badan sebanyak 2x sehari, pagi dan sore.

Ini adalah saya setelah radiasi pertama, saat radiasi prosesnya cukup membuat saya syok dan mual-mual langsung terasa..
Disitu ada 6 dokter yang memasang kabel-kabel di seluruh tubuh saya, posisinya tiduran miring dengan tangan silang di dada.
Badan saya diberi beberapa bantalan di beberapa tempat, dan di plester agar tidak bergerak. Mereka bilang saya tidak boleh bergerak sama sekali saat proses radiasi.
Ada alat besar di depan saya yang jaraknya kira-kira 4 meter dari saya, saya pun dilapisi papan kaca.
15 menit bagian depan dan 15 menit bagian belakang.
Saat keluar ruangan saya begitu syok, mual, merasa badan lemas sekali, saya tidak bisa membayangkan bagaimana saya harus menghadapi 5x lagi radiasi.
Saya hanya berdoa terus dalam hati, supaya Tuhan memberikan kekuatan..

Setelah rasiadi sore yang ke 2x saya benar2 merasa lemah dan mual, disitu saya menangis. Rasanya sangat tidak enak, tetapi mami saya selalu menguatkan saya.
Dia berkata,"Sabar ya neng, sabar ya, kita berdoa ya.. Tuhan mampuin ade melewati semuanya ya, Tuhan jalan bareng-bareng kita ya de."
Keesokan harinya saya harus ke ruang radiasi menggunakan ranjang karena badan saya begitu lemas.
Setelah akhirnya selesai 3 hari radiasi, selanjutnya adalah 2 hari chemo High dose.
Akhirnya saya bisa melewati radiasi yang buat saya sungguh mengerikan, setiap kali saya selalu brdoa sepanjang radiasi. Tuhan memampukan saya menghadapi hal-hal yang sungguh berat.
belum beres efek radiasi yang bikin saya susah makan karena mual.
Tapi cici saya datang dari Indo, saya senangggggggggg sekali cici kesayangan saya datang nemenin transplan. Walaupun saya masih dalam keadaan lemas.

Hari ke 6 adalah rest day sebelum besoknya dilakukan transplantasi.
Maksud dari radiasi dan chemo high dose adalah menosongkan sum-sum atau membuat semua komposisi darah drop, agar cell induk yang baru bisa masuk dan berkembang biak dengan baik. 

Transplantasi..
Sebenarnya prosesnya sangat sederhana, seperti layaknya infus tapi masuknya lewat hickman line di dada saya.
Dokter bilang stem cell itu luar biasa Tuhan ciptakan, dia akan masuk ke dalam tubuh dan langsung mencari tempatnya masing-masing yaitu mengisi tulang belakang saya.
Prosesnya hanya 20 menit, pagi itu saya sangat lemas karena efek radiasi dan kemo, sehingga saya hanya berbaring hampir tidur.
Yang saya rasakan saat cairan itu masuk adalah panas diseluruh tubuh saya terutama bagian dada dan perut.

Selama H+1 sampai H+15 akan menjadi perjalanan yang panjang dan penuh tantangan.

Comments

Popular posts from this blog

4 tahun perjuangan melawan kanker

Waiting for miracle

R I P Acute Lymphobastic Leukemia